11 Cara Mengatasi Stres

 

A4 Pekerjaan seseorang hampir-hampir tak ada habisnya hingga mungkin membuat stres. Waktu untuk beristirahat pun terkadang tidak ada. Padahal, beristirahat agar bugar kembali, sangat Anda perlukan. Sudah saatnya Anda mengikuti 12 cara gampang demi mengatasi stres Anda.


1. Menulis Diary
Cari tempat dan waktu yang tenang, dan mulailah menulis. Anda dapat menuliskan tentang segala sesuatu yang terjadi sehari-hari. Biarkan kata-kata yang digoreskan mengalir dan keluar secara spontan, sesuai dengan yang dirasakan dan dipikirkan pada saat itu.

2. Olahraga
Berdasar ratusan penelitian, olahraga dapat memperbaiki aliran darah ke otak, menambah gelombang alfa di otak yang berhubungan dengan ketenangan dan relaksasi, mengurangi tekanan darah, serta mengurangi ketegangan otot.

3. Putar & Dengar Lagu Kesayangan
Putar lagu-lagu favorit. Ikutlah besenandung atau bahkan berdansa. Biarkan musik menyejukkan hati Anda.

4. Tertawa
Tonton film-film komedi, duduk santai, dan tertawa merupakan salah satu cara yang baik untuk kesehatan. Tertawa merangsang tubuh untuk memproduksi hormon yang menyebabkan otak mengendurkan stres.

5. Ciptakan Ritual
Ciptakan ritual yang menimbulkan kenyamanan, seperti duduk berdua dengan pasangan dan berbagi teh hangat dari cangkir yang sama.

6. Makan Sehat
Makanan-makanan dengan kadar lemak rendah dan karbohidrat tinggi seperti donat, popcorn, kue-kue kering serta kue dari bahan beras, merangsang zat-zat kimia dari otak kita yang membantu menyejukkan bila sedang stres.

7. Penuhi Kebutuhan Jiwa
Luangkan waktu untuk diri sendiri. Tidur atau menonton film percintaan yang romantis, membaca surat-surat lama, atau apa saja. Biarkan hari itu terbebas dari rutinitas.

8. Luangkan Waktu Bersama Sahabat
Sambil minum kopi atau teh hangat, nikmati kebersamaan dengan sahabat wanita, bercerita tentang apa saja. Wanita merasakan kenyamanan, dukungan, dan kedekatan tersendiri bila berada bersama-sama teman wanitanya.

9. Matahari Pagi
Jangan sia-siakan sinar matahari di pagi hari. Luangkan sedikit waktu agar terkena sinar matahari setiap pagi.

10. Meditasi
Meditasi mengurangi tekanan darah dan secara dramatis membantu mengurangi tingkatan stres Anda.

11. Tidur Siang
Waktu yang hanya 20 menit untuk tidur siang dapat membuat Anda merasa segar kembali dan lebih bersemangat sepanjang hari.

51 responses to this post.

  1. Tak ada sesuatu penangkal stres yang jitu kecuali menerima sesuatu keadaan dengan ikhlas dan berserah diri kepada ALLLAH SWT

    Balas

  2. aku lagi boring nih mbak

    Balas

  3. Posted by sembarangan on April 27, 2009 at 2:01 PM

    tambah satu item lagi:

    Bermain Sex

    Balas

  4. Posted by Ridzal wahyudi on Agustus 25, 2009 at 4:09 AM

    Lbh baik bc qur’an,pkiran tenang bebas dr stres.Disamping itu jg msh bxk cra lain,tp yg pling mnjur ya bc qur’an,klo gk prcya cb aja sndri.

    Balas

  5. Posted by atta on September 17, 2009 at 4:47 PM

    Tetap aja susah menjalani hidup dengan semangat karena semangat hidup gw udah ga stabil. Kadang gw semangat banget dalam menjalani hidup tapi terkadang juga gw sama sekali ga ada semangat untuk jalani hidup yang penuh dengan cobaan ini.
    Hidup yang serba bingung, serba salah, dan tidak ada yang mau dan bisa membantu permasalahan gw ini.
    Pertanyaan-pertanyaan yang selalu menghiasi pikiran gw adalah kenapa gw mesti dilahirin di dunia ini kalo cuma untuk hidup sengsara, dan selalu saja berduka.
    Kenapa?

    Balas

    • Posted by vie on Maret 13, 2010 at 11:15 AM

      Allah SWT. kaCi CobaAn Ke HamBa Nya,,seSuai denGan KeMamPuan HamBa Nya…

      Setiap permaSalahan YaNg KiTa HadAPi PazTi ada Jalan keluarnya,, dan Kita Mampu Menghadapinya.. Percaya Lah,,,

      So,, Jangan pernaH Bertanya ,, ” KNpa Gw Mzti di LaHirkan di DuniA ini KLo CuMa unTuk SengsaRa, dan SLLu ber Duka,,, KRna di SeBaliK itu Mua PazTi Ada HiKmah nya.

      ^_^

      Balas

    • Posted by dede on April 26, 2010 at 6:02 PM

      kenalilah agamamu pst di ikhlaskan hatimu……..

      Balas

  6. Posted by ade on Oktober 15, 2009 at 2:38 AM

    hati ingin memajukan perusahaan sebelum lemaran kemarin ada plening job,walau TRH ga wajar , memang bebeberapa bulan sebelumnya kondisi perusahaan mati segan hidup tak mau,setelah libur tetep semangat bersama usai aku tetep semangat, diminggu pertama perusahaan mulai menampakan kegiatan namun boss ga juga muncul dengan alasan ga jelas. diminggu pekerjaan tambah padat namun gajia belum juga tiba, sementara target dari costumer harus tercapai, semangat ku menurun ditambah masalah intern dapur rumah ini dirasakan oleh team project juga senasib, kucoba memberi penhertian pada team , akupun turu juga ke lapangan dan akhirnya ambruk sakit, namun semangatku tercambuk justru dari costumer, dan heranya boss adem ayem ,, kutunggu sheringnya

    Balas

  7. qUh jg kadank bingung dgn pRasaan qUh sNdri,,,,,

    but, mungkin da benarny j9 cara yg paling tepat untuk mengatasi stRezz adl IKLAS & Syukuri pa yg da c0z hiidup nie adl ANUGERAH (kyak la9uny D’masiv)

    Balas

  8. kosongkan kan pikiiran

    Balas

  9. aq lagi sttres berat nih dan pengen banget curhat,tp ga tau sm siapa krn aq percaya sama org,jd gimana dong?

    Balas

    • Posted by langit anugrah on Juli 12, 2010 at 6:03 PM

      aku kn sllu ada untukmu…k jni hidup ini mmpu kt..
      dan aku kn sllu mnsuport km…
      yknlh…kt psti bs…
      smw ujian itu ssuai dg kadar kmmpuan kt, ingat 1 hal…
      Allah lbh tw & tlh mrncnakan swtu untuk kt…
      krn Allah sgt mnyayangi kt….

      Balas

  10. Posted by riya on Januari 18, 2010 at 11:31 AM

    qow lagi stres nch………….5zlh cinta

    Balas

  11. Quh jg da s3 karena di hianatih oleh pacar quh

    Balas

  12. […] cara mngatasi stres By mulyaditnd 11 Cara Mengatasi Stres […]

    Balas

  13. Posted by zia on Februari 4, 2010 at 12:11 PM

    sy mbak mudah sekali stres,apalagi saat ini sy sedang membuat tesis, bagaimana cara agar saya selalu fres ktka bertemu dengan pembimbing dan tidak stres menghadapinya, shg komunikasi kami bisa nyambung.

    Balas

  14. Posted by ReRe on Februari 17, 2010 at 12:49 PM

    STRES di skolah dan di rumah.
    harus ngehadapin TEMAN.TEMAN yg btul.btul JAHAt sama saya !!!!
    ibu yg sring GEBUKIN saya !!! saya Benci smua ITU !!
    bisa.bisa SAYA GILA bneran kllou ga ktahan,,
    Udh LAMA Nahan sakit HATI !!! ANJ*NG !!

    Balas

  15. Posted by jirin on Maret 8, 2010 at 11:54 PM

    artikel yang berguna,namun semua cara dah di pake tetap aja sama.

    Balas

  16. Posted by Izka on Maret 21, 2010 at 12:54 AM

    Mendingan tidur ja…

    Balas

  17. Posted by junaidin ompu gaji on Maret 24, 2010 at 8:46 PM

    istrahat dan istigfarrrr
    pikir yang positif dan yang enak

    Balas

  18. wah co2k banget tuh , coz detik detik nie sering sterzzz

    Balas

  19. Posted by grim on April 11, 2010 at 4:44 PM

    satu lg kluar d saat hujan itu amp[uh buatku.jgn bawa psyung
    hujan kan rahmat tuhan

    Balas

  20. Posted by eni sumarni on April 25, 2010 at 11:31 AM

    aku lagi bingung mbak,,,

    Balas

  21. Posted by dede on April 26, 2010 at 6:04 PM

    tips yg bagus dan cocok dg q…..

    Balas

  22. Posted by aurellia zaahra on April 27, 2010 at 9:10 PM

    streeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeees banget nih, semua cara udah aq coba tapi streeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeees lagi . tapi thanks banget ya…..?! setidaknya aq bisa rileks sejenak.

    Balas

  23. Posted by sinobusa on Mei 12, 2010 at 6:24 PM

    stres bumbu kehidupan enjoy ja
    doa ingat ibadah ja
    ok

    Balas

  24. Posted by wulan pramana on Juni 22, 2010 at 2:57 PM

    cara yang paling jitu adalah punya uang ….. klo ada uang habis perkara

    Balas

  25. aku lagi panik sekarang

    banyak masalah yg ku hadapi

    Balas

  26. Posted by ailiey laili zakaria on Oktober 26, 2010 at 9:58 PM

    g0od idea..xpi kita jga perlu berdoa pda ALLAH s.w.t…kerna dye yg menentukan segala-galanya..kita yg merancang and dye yg menentukan..
    @>>—^-^—

    Balas

  27. Posted by arab.dki on Januari 12, 2011 at 1:43 PM

    wah seru jg nih,, ada tmpat sharing kaya gni,, mari kita berbagi solusi,,hhe

    Balas

  28. Posted by witjuwit on Juni 8, 2011 at 5:52 PM

    setuuujuuuu ..🙂

    Balas

  29. Posted by yakop on Juli 4, 2011 at 11:09 AM

    telek iki

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: