Untuk Si Pelupa dan Si Pemarah

Menanggalkan Reputasi Si Pelupa

Pernahkah Anda masuk ke dalam ruangan lalu terbengong-bengong di
dalamnya karena sama sekali lupa, apa tujuan Anda masuk ke ruangan
tersebut? Atau hanya ingat Anda ke situ untuk mengambil sesuatu tapi
sama sekali lupa apakah barang tersebut?

Oke, bila itu terlalu terkesan nenek-nenek pikun untuk Anda, ambilah
contoh lain semisal Anda lupa menaruh kunci mobil sehingga harus
bongkar-bongkar sedikit agar bisa menemukannya. Lupa itu wajar. Tapi bila Anda menjadi gampang lupa, wah ini sih sudah harus mendapat perhatian khusus. Kemampuan otak manusia memang terbatas, bahkan kemampuan yang sudah terbatas ini bahkan masih harus digerogoti lagi dengan usia yang semakin tua.

Usia yang semakin matang (baca: tua) bisa membuat kemampuan Anda untuk mengingat jadi menurun. Selain faktor usia, penyakit lupa ini juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lainnya. Untuk itu, kami memberi Anda langkah-langkah untuk mengusir si lupa ini dan mempertajam ingatan Anda.

  • Jaga kesehatan

Sebuah penelitian menunjukan bahwa dalam periode 25 tahun, pria penderita hipertensi akan kehilangan kemampuan kognitif hingga dua kali lipat dibandingkan pria bertekanan darah normal. Penelitian juga menunjukkan bahwa pada usia 70-an, seseorang tidak akan mudah mengalami penurunan kemampuan kognitif jika mereka tetap aktif secara fisik. Ini bisa dilakukan dengan berolahraga. Selain meningkatkan kekuatan fisik, olahraga juga dapat membantu fungsi ingatan kita dengan menjamin suplai oksigen dan darah ke otak. Olahraga juga menstimulus endorfin, yaitu neurotransmitter yang terkait dengan perasaan senang, yang dapat meningkatkan keceriaan dan menjadi pemicu untuk pembelajaran dan ingatan.

  • Relaksasi secara teratur

Menurut ahli, relaksasi otot dapat mengurangi kecemasan yang sering dirasakan seseorang ketika berusaha mempelajari hal baru. Ini juga berguna untuk meningkatkan ingatan Anda.

  • Cukup tidur dan istirahat

Kurang tidur dapat mengurangi kemampuan seseorang untuk mengingat informasi yang kompleks. Penelitian di Universitas de Lille, Prancis, mengindikasikan bahwa otak memerlukan tidur untuk mempertahankan kemampuan mengingat informasi yang kompleks. Yang tak kalah penting juga adalah istirahat cukup.

Supaya fungsi otak bisa maksimal, otak membutuhkan istirahat untuk mengendapkan dan mengkonsolidasikan ingatan. Istirahat yang dibutuhkan otak bervariasi, tergantung pada kerumitan dan kebaruan informasi, serta pengalaman orang yang bersangkutan. Cara yang baik adalah memberi waktu istirahat otak 3 hingga 10 menit setelah otak beraktivitas selama 10 hingga 50 menit.

  • Dengarkan musik klasik

Suatu penelitian yang dilakukan oleh Universitas California, AS,
membuktikan bahwa orang yang sering mendengarkan musik klasik akan mengalami peningkatan kemampuan penalaran. Selain itu juga menurut penulis The Mozart Effect, Don Campbell, mendengarkan musik klasik juga bisa membantu ingatan dan pembelajaran.

  • Menata pikiran dengan sistematis

Membentuk urutan informasi (mengelompokkan informasi) akan membuat sesuatu lebih mudah diingat. Ini juga akan mempermudah otak untuk mengingat kembali apa yang telah dipelajari dan diketahui.

  • Kembangkan ketajaman indera

Cobalah praktikkan keterampilan pengamatan dan belajar memperhatikan sesuatu dengan menggunakan seluruh indera kita. Jika ingin mengingat sesuatu, berhentilah sejenak, perhatikan dan catat apa yang ingin kita lihat.

  • Kembangkan sikap mental positif

Gantilah setiap sikap mental negatif atau kritik terhadap diri sendiri menjadi sikap yang positif, karena hal itu akan menimbulkan rasa percaya diri yang berpengaruh positif terhadap daya ingat.

  • Tanamkan bahwa Anda sanggup

Otak memproduksi senyawa kimia neurotransmitter yang membawa pesan antar-sel yang terlibat dalam ingatan. Ketersediaan neurotransmitter ini akan meningkat apabila otak sering digunakan untuk menyelesaikan tantangan yang menuntut pemecahan masalah.

  • Pengaturan pola makan

Pilih makanan yang rendah lemak dan rendah kalori, serta memperbanyak minum air putih. Air putih dapat membantu pencernaan dan pernapasan, meningkatkan kapasitas pembawaan oksigen dalam darah, serta mempertahankan kesehatan sel.

  • Libatkan emosi sebagai pancingan

Pasalnya, peningkatan ingatan tentang suatu kejadian terkait erat dengan peningkatan emosi. Dan pengalaman yang melibatkan emosi akan lebih mudah diingat daripada pengalaman biasa. Contohnya, wangi parfum tertentu akan
mengingatkan Anda pada wajah mantan pacar pertama Anda yang sudah lebih dari 10 tahun tidak berjumpa.

Jadi jangan lupa untuk melakukan hal di atas ya..

==============================================================

Kursus Kilat
*Anger Management*

Entah kenapa, Anda merasa mudah sekali emosi dan marah? Sifat
temperamental Anda ini malah sudah seringkali merugikan dan merepotkan diri sendiri. Bila memang Anda merasa lebih sering dikendalikan emosi daripada rasional, mungkin sudah saat membenahi diri.

Mengendalikan amarah mungkin memang bukan merupakan hal yang mudah bagi Anda. Kendati demikian, bukan berarti hal tersebut tidak dapat dilakukan. Beberapa langkah kami beberkan untuk Anda yang ingin mengendalikan untuk menghilangkan, atau paling tidak meminimalkan amarah itu.

  • Relaksasi

Jangan dulu membayangkan gerakan-gerakan yoga yang rumit bila mendengar kata satu ini. Relaksasi dapat dilakukan hanya dengan menarik nafas dalam-dalam, melakukan latihan-latihan ringan untuk mengendurkan otot-otot, atau sekedar menghitung sampai sepuluh saat emosi sedang memuncak. Relaksasi terbukti dapat membuat seseorang menjadi tenang dalam menghadapi berbagai situasi yang penuh tekanan.

  • Humor

Seringkali Anda menemukan bahwa hal-hal yang menjadi penyebab kemarahan adalah suatu yang sangat sepele. Memandangnya dari sisi humor bukan berarti menertawakan suatu masalah dan melecehkannya. Gunakan humor sebagai suatu cara yang membangun untuk menyelesaikan masalah dan jangan menggunakan humor yang sarkastik.

  • Pikir positif

Kemarahan membuat orang mengumpat dan memaki untuk melepaskan ekspresi dan tekanan. Bila sedang marah, coba pagari diri dan tetap jaga pikiran positif. Tarik nafas panjang dan katakan pada diri sendiri,  Memang ini sangat menyebalkan, dan membuat emosi, tapi bukan berarti saya larut dalam kemarahan dan ini bukanlah suatu akhir !!

  • Logis

Pikiran yang semula rasional bisa mendadak jadi rasional bila sudah menyangkut amarah, sehingga logika pun jadi buntu. Padahal semakin Anda bisa berpikir logis dan penuh pertimbangan, maka akan semakin mudah Anda mengendalikan emosi. juga dialami oleh orang lain.

  • Tuntas tas tas tas..

Emosi bisa semakin mudah tersentil bila Anda memendam suatu masalah. Jadi sebaiknya segera selesaikan setiap masalah yang muncul secepat mungkin sampai tuntas. Masalah yang terselesaikan, akan membuat beban psikologis berkurang dan otomatis temperamen lebih terkendali.

  • Perbaikan Cara Komunikasi

Ketidaksiapan dalam menghadapi perbedaan pendapat, tidak bersedia menjadi pendengar atau pun selalu berusaha memaksakan kehendak pada orang lain adalah salah satu kegagalan komunikasi.

Akan lebih baik bila Anda mendengarkan secara cermat apa yang ingin disampaikan oleh orang lain, bahkan ketika orang tersebut mengemukakan pendapat yang bertentangan. Hal ini memang memerlukan kesabaran dan sikap rendah hati dari anda, tapi akan menghasilkan hal positif, seperti Anda menjadi
lebih matang dalam berkomunikasi.

  • Konseling Profesional

Jika semua cara di atas gagal dan Anda tetap tidak bisa mengontrol temperature, mungkin konseling pada professional seperti psikolog adalah solusi yang tepat. Mereka dapat memberi bimbingan tepat dalam mengendalikan amarah agar tidak merusak aspek kehidupan yang lain.

Tentunya juga tidak bisa dalam waktu singkat, karena semua hal butuh proses.

All Info by Wanita (again)

=============================================================

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: