Archive for the ‘My Day’ Category

Nama-nama Bayi (Jokes)

Di sebuah RS Bersalin seorang perawat sedang mendata nama2 bayi yg baru dilahirkan.

Perawat: “Siapa nama anak Ibu?”

Bu Ali: “LA BARJI.”

Perawat: “Masih turunan Arab rupanya…”

Bu Ali: “Bukan… karena LA-hir pas le-BAR-an ha-JI.” ๐Ÿ™‚

Bu Badu: “PEDRO CARLOS.”

Perawat: “Pasti turunan Spanyol.”

Bu Badu: “Bukan… itu karena ayahnya PE-rnah DR-op O-ut CAR-ena bo-LOS.” :s

Nona Candra: “LALA KAREN HUGELSAGA.”

Perawat: “Turunan Brazil?”

Nona Candra: “Bukan… LA-gi LA-gi KAREN-a HU-bungan GEL-ap SA-ma tetang-GA.” ๐Ÿ˜ฆ

Ny Dina: “ALYA NANDIKA.”

Perawat: “Aduh cantiknya… apa ada artinya?”

Ny Dina: “AL-hamdulillah bia-YA persali-NAN DI-tanggung KA-ntor.” ๐Ÿ˜‰

Ny Euis: “NURDIN HALID.”

Perawat: “Wow… apa anda pengagum ketua PSSI?”

Ny Euis: “Ooo bukan… eta mah karena NUR-unin DI-a N-ampaknya H-al yg p-A-ling su-LID.” =D =))

Ny Fani: “LARS MASARO.”

Perawat: “Turunan Jerman-Itali?”

Ny Fani: “Bukan… karena LA-hi-R pa-S MA-lam SA-tu su-RO.” ๐Ÿ˜€

Ny Gadiza Titin: “JASTIN BIBER.”

Perawat: “Pasti fans beratnya Justin Bieber ya…?”

Ny Gadiza Titin: “Bukan… karena ini anaknya JA-ja S-ama ti-TIN B-ikinnya ket-I-ka di jem-BER.” :O

Bu Hadi: “JALIDI.”

Perawat: “Wah… kalo ini Betawi asli, tapi apa ada kepanjangannya juga?”

Bu Hadi: “Ada Non… ja-JAL sekal-I langsung ja-DI.” :/

Ny Iyem: “PAIJO.”

Perawat (mulai pusing): “PA-sti I-ki wong JO-wo.” :s

Ny Iyem: “Inggih Bu…”.

 

Diterbitkan March 14, 2011

Oleh Helmi Wahyudin

 

hihihihi semoga nama anak anda nanti memiliki arti yang lebih indah dari nama-nama diatas ya.. ๐Ÿ˜›

 

2010 Goes To 2011

Walaupun hari ini masih sibuk berkutat di kantor tapi yang membuat saya senang bahwa saya bisa menyempatkan menulis perjalanan saya selama setahun disini ๐Ÿ˜›

Apa saja yang sudah kita lakukan di tahun ini?? apakah membawa kemajuan atau kemunduran?? Jika membaik mari kita tingkatkan lagi dan untuk yang belum terlaksana semoga banyak hal positif yang bermanfaat bisa diraih di tahun yang akan datang.. Selalu saja ada cerita duka dan bahagia yg ingin saya bagi kepada kalian para pembaca serta sahabat saya di dunia maya, diantaranya :

  1. pada awal bulan januari hingga maret saya disibukan dengan kegiatan kampus maupun pekerjaan kantor. kabar baiknya nilai IP saya mengalami kenaikan dan kabar lainnya saya kecewa dan mulai menata hati.
  2. Senangnya bisa berkumpul bersama teman-teman di indonesian idol forum kembali walaupun tempatnya cukup jauh di central park. ๐Ÿ˜€
  3. Oh tentunya saja saya begitu gembira bisa melihat tim favorit sayaย  JERMAN masuk final walau gagal membawa piala lagi ๐Ÿ™‚
  4. saya gagal mengambil SIM A dan passport ๐Ÿ˜ฆ
  5. Alhamdulilah pernikahan kakak saya di bulan Oktober berjalan lancar dan baik, sekarang tinggal menunggu keponakan yang akan hadir insya’Allah di bulan agustus 2011. ๐Ÿ˜›
  6. Pernikahan sepupu saya, mba risa – mas desta & mas ji – mba herna juga terlaksana dengan penuh keceriaan, selamat ya mas-mas dan mbak-mbak’ku ๐Ÿ™‚
  7. alhamdulilah di akhir tahun saya mendapat banyak keberkahan, bonus dari kantor sudah keluar, namun yang luar biasa saya merasa semakin dekat dengan rekan-rekan kerja saya, desember ini kami melakukan outbond bersama-sama di katulampa, bogor. arumjeramnya luar biasa!
  8. dukanya tahun 2010 tahun dimana sering saya mengalami sakit, sakit gigi pastinya. bulan december awal saya melakukan operasi kecil untuk pencabutan gigi graham belakang yang menganggu hingga mengenai saraf kuping jadi harus segera. ๐Ÿ˜ฆ duh klo ngebayangin sakitnya ampun2 deh tapi alhamdulilah sudah bisa makan ayam lagi sekarang ๐Ÿ˜€
  9. saya juga senang tahun ini banyak bisa menghabiskan waktu dengan keluarga momen suatu hal yg takkan tergantikan ๐Ÿ™‚
  10. terimakasih tahun 2010 saya sekarang amat tergila-gila dengan lagu-lagu korea dan film-filmnya, BIG BANG you’re the best, bener2 nyesel kenapa ga ngikutin kalian dari tahun-tahun yg lalu hmmmm ๐Ÿ˜›
  11. saya merasa tahun ini menjadi pribadi yg lebih baik, penampilan saya mengalami beberapa kemajuan, dan banyak bertemu dengan orang2 yg menarik, saya juga melakukan training motivasi ternyata itu benar-benar bermanfaat ๐Ÿ™‚
  12. salah satu hal yg salah syukuri adalah saya mendapat sahabat baru sudah seperti adik my ‘thinkerbell indi”ย  dan semakin dekat dengan sahabat-sahabat saya yg lain walau kami jarang bertatap muka tapi rasa perhatian serta support kami masih sama. ๐Ÿ˜€
  13. hmmm betapa manisnya saya dapat berkenalan dengan pria yg lembut hatinya, santun tutur katanya, baik akhlaknya dan mempunyai rasa humoris yg sangat baik. insya’Allah pria yg begini nih jadi impian dan doa saya ๐Ÿ˜›

Harapan dan target di tahun 2011 adalah :

  1. Semoga saya bisa mendapatkan gelar D3 dengan predikat baik, semoga bisa mengukir prestasi yg lebih baik. semoga saudara kembar saya “dindi” bisa lulus S1 dan bisa dapat pekerjaan yg lebih baik ๐Ÿ™‚
  2. Saya ingin sekali bisa menguasai program desain terutama photoshop, corel, inDesign, flash, 3dmax dan autocad terutama web design.
  3. Hehehe tetep berniat mendapatkan Sim A dan Passport tetapi beneran kyknya ini tidak boleh gagal lagiย  ๐Ÿ˜€
  4. Sahabat-sahabatku semoga kita bisa semakin dekat dan semakin erat hubungan diantara kita, jangan pernah takut untuk mencoba mendapatkan impian kalian ๐Ÿ™‚
  5. Sedikit serius saya benar-benar berharap bisa mengikuti jejak kakak saya yaitu mendapatkan pendamping hidup yang bisa menjadi imam, serta teman abadi dunia akhirat.
  6. saya ingin memperbaiki kualitas keimanan saya, semakin baik ibadah yg saya lakukan, mencoba memperdalam agama dan menambah wawasan lainnya. amin ya Allah..
  7. semoga kedua orangtua saya diberikan kesehatan selalu dan semoga proses persalinan kakak berjalan lancar. ๐Ÿ˜›
  8. banyak hal yg belum sempat tersampaikan tapi kita semua tentu berharap tahun depan kita bisa menjalani hari dengan optimis, bersiaplah mendapatkan hal-hal yang tak terduga..

Apa yang sudah anda persiapkan diawal tahun ini??? sudahkah merancang target?? ayo tetap semangat kobarkan motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, semoga kita bisa bermanfaat untuk diri sendiri serta lingkungan kita. ๐Ÿ˜‰ Happy New Year 2011 Ladies & Gentleman ๐Ÿ˜Ž

Beranjak Menuju 23th – Part II

Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang muโ€™min:โ€Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh merekaโ€. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 33:59)

Rasanya baru di tahun ini saya merasakan puasa bertepatan dengan bulan kelahiran saya, alhamdulilah jarang sekali kan ๐Ÿ˜€ tapi kok rasanya hati ini belum total berserah dan melakukan ibadah kepada Sang Pencipta kita, Allah SWT. ‘Ya Allah bantulah aku memperbaiki iman dan ibadahku menjadi senantiasa semakin baik, ampuni kelalaian dan kekhilafan’ku.. semoga aku bisa mengisi ramadhan ini dengan amalan sholeh, amin..’

Hmm berbicara seputar jilbab, insya’Allah tahun ini adalah tahun ke lima saya mengenakan jilbab. Bukannya menunggu hidayah tapi saya mengejar hidayah itu sendiri berawal dari masa sma saat duduk di bangku kelas 2 saya iseng bernazar kepada Allah “ya Allah bila Engkau memperkenankan aku untuk mendapat peringkat 2 besar di kelas dan bisa masuk ipa aku akan berjilbab..” dan Alhamdulillah Allah mengabulkan keinginan tersebut lalu setelah lulus sma satu haru menjelang ramadhan tiba saya mantap berjilbab hinggal ajal menjemput ๐Ÿ™‚ setelah mengenakan jilbab barusan saya bisa merasakan hidayah yang Allah berikan kepada hamba-Nya yg berlumur dosa ini, betapa beruntungnya Allah masih mengingatkan dan membuka pintu hati ini untuk bertaubat *ceilee bahasanya berat ah ๐Ÿ˜€ย 

Sekedar berbagi, janganlah melihat kepribadian seseorang dari penampilan semata, baik buruknya kepribadian seseorang tidak bisa dilihat hanya dengan satu unsur saja. Jilbab itu bukan penanda bahwa si pemakai adalah orang yang berkepribadian baik, tapi jilbab merupakan ikhtiar si pemakai untuk menjadi baik. Dari yang saya pahami berjilbab itu sudah menjadi satu kewajiban bagi setiap muslim, biarlah hati mereka yg berbicara ๐Ÿ˜›

Apa yang Perlu Dilakukan Pada Saat Bertambah Umur?

Jika ada yang bertambah pasti ada bagian lain yang berkurang, Tuhan menciptakan sesuatu dengan berpasang-pasangan bukan ๐Ÿ™‚ pada saat kita mengalami bertambah / berkurangnya umur kita harus bertanya kepada diri sendiri seberapa besar kebaikan yang telah diperbuat.

saya pernah membaca disuatu blog, Puncak fase fisik sudah dilampauinya, simpang jalan kehidupan sudah diketahuinya, derita dan bahagia sudah dialaminya, serta jalur, rambu, dan lapis-lapis kehidupan sudah transparan bagi mata batinnya.ย  Kenyataan inilah yang membuat seseorang sudah bisa mengukur secara tepat kekuatan dan kelemahan dirinya, tinggallah kemudian mana pilihan jalan yang akan diteruskannya.

Mungkin benar apa yang di bilang bila usia bertambah berarti adalah Sebuah kesempatan memuhasabah amalnya. Memeriksa kendaraan jiwanya. Bagaimana keadaannya. Olinya, Remnya, Bensinnya, Bannya. Dan jarak tempuh yang sudah dicapainya serta Sejauh mana titik tolak sudah dilewati.

Oleh karena itu saya merasa dalam bertambah usia saya sangat sadar telah melewati beberapa proses baik yang berpengaruh dalam pengembangan diri serta pengelolaan hati yang berpengaruh pada saat kita bersikap terhadap hal apapun. Pengalaman kebahagiaan – kesedihan, pencapaian – kekecewaan, keberhasilan – kegagalan, kepercayaan – penolakan, diajak nikah – hal yang tak diinginkan dan rentetan kejadian lainnya adalah segumpalanย  waktu yang pernah saya lewati.

Tahukah kamu? kadang saya tidak ingin berandai-andai saat saya bertambah usia, klo mau berharap macam2 berdoalah yg muluk-muluk sekalian. misalnya ingin kaya dengan harta yang halal, cepet menikah bersama pendamping hidup yang mampu membahagiakan kita lahir bathin, jadi direktur di perusahaan yang dikelola sendiri, punya suami orang beken dikalangan orang2 sholeh, pindah rumah ke kawasan elit yang bisa berdekatan dengan lingkungan masyarakat yang mencintai kegiatan rohis dan sosial, menang pilkada yang bisa membawa masyarakatnya menjadi sejahtera dengan pendidikan serta kesehatan yg terjami, bisa ambil S2 ikut bermacam2 kursus bahkan berkeliling dunia lalu mengajak orang2 sekampung naik hajiย  sekalipun juga boleh kok ๐Ÿ˜€

*ini yang saya artikan dengan bermimpi yang terlalu muluk ๐Ÿ˜›



Dan andai kalian memilih puasa tentulah itu lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui (Q.S. Al-Baqarah: 184).

apa yang terjadi ketika kamu membaca Qurโ€™an? Boleh jadi kamu tidak mengerti ataupun tak memahami sama sekali, tapi ketika kamu membacanya, tanpa kamu menyadari kamu akan berubah, luar dan dalam. ( Source By :ย  Dudung.Net )

Maaf’in aku ya pembaca…

Alhamdulillah Allah SWT memperkenankan kita lagi untuk bertemu dengan bulan ramadhan yang begitu istimewa dan dinanti-nantikan seluruh umat muslim diseluruh dunia ini ๐Ÿ˜›

Tiadalah Harta yang Tersisa Kecuali yang di Sedekahkan & Tiada Umur yang Berharga kecuali selalu dalam keTaqwaan , Tiadalah Bulan yang di nantikan kecuali Ramadhan yang Mulia lagi Mensucikan..

Marhaban ya Ramadhan, Mohon dibukakan pintu maaf jika ada kekhilafan dalam tutur kata dan tindakan yg kurang berkenan..ย  ๐Ÿ™‚

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, semoga kita dapat melakukan amalan-amalan sholeh dan meraih kebahagian yang telah Allah Janjikan kepada setiap ummatnyaโ€ฆ


Cara Mengasah Kecerdasan Emosi

Jujur saja saya adalah orang yang senang membaca namun sedikit selektif dalam memilih bacaan, pada dasarnya saya menggemari bacaan yang bisa mengembangkan personal diri, bacaan seputar perjalanan hidup, atau kisah-kisah yang bisa dipetik pelajaran berharga dll.. Bacaan kali ini kebetulan saya memang mengikuti Asian Brain Newsletter yang dimiliki oleh mba anne ahira,ย  disamping menjadi pakar internet marketer mba anne adalah salah satu motivator dalam pembangun kepribadian, untuk itu saya ingin berbagi artikel ini dengan para pembaca yg budiman ๐Ÿ™‚ selamat membaca ๐Ÿ˜‰

Kuasai Kecerdasan Emosi Anda!


Ditulis oleh : Anne Ahira

anger “Siapapun bisa marah. Marah itu mudah. Tetapi, marah pada orang yang tepat, dengan kadar yang sesuai, pada waktu yang tepat, demi tujuan yang benar, dan dengan cara yang baik, bukanlah hal mudah.” — Aristoteles, The Nicomachean Ethics.

Mampu menguasai emosi, seringkali orang menganggap remeh pada masalah ini. Padahal, kecerdasan otak saja tidak cukup menghantarkan seseorang mencapai kesuksesan. Justru, pengendalian emosi yang baik menjadi faktor penting penentu kesuksesan hidup seseorang.

Kecerdasan emosi adalah sebuah gambaran mental dari
seseorang yang cerdas dalam menganalisa, merencanakan dan menyelesaikan masalah, mulai dari yang ringan hingga
kompleks. Dengan kecerdasan ini, seseorang bisa memahami, mengenal, dan memilih kualitas mereka sebagai insan manusia.

Orang yang memiliki kecerdasan emosi bisa memahami orang lain dengan baik dan membuat keputusan dengan bijak. Lebih dari itu, kecerdasan ini terkait erat dengan bagaimana seseorang dapat mengaplikasikan apa yang ia pelajari tentang kebahagiaan, mencintai dan berinteraksi dengan sesamanya.

Ia pun tahu tujuan hidupnya, dan akan bertanggung jawab
dalam segala hal yang terjadi dalam hidupnya, sebagai bukti tingginya kecerdasan emosi yang dimilikinya.

Kecerdasan emosi lebih terfokus pada pencapaian kesuksesan hidup yang *tidak tampak*. Kesuksesan bisa tercapai ketika seseorang bisa membuat kesepakatan dengan melibatkan emosi, perasaan dan interaksi dengan sesamanya. Terbukti, pencapaian kesuksesan secara materi tidak menjamin kepuasan hati seseorang.

Di tahun 1990, Kecerdasan Emosi (yang juga dikenal dengan sebutan “EQ”), dikenalkan melalui pasar dunia. Dinyatakan bahwa kemampuan seseorang untuk mengatasi dan menggunakan emosi secara tepat dalam setiap bentuk interaksi lebih dibutuhkan daripada kecerdasan otak (IQ) seseorang.

Sekarang, mari kita lihat, bagaimana emosi bisa mengubah
segala keterbatasan menjadi hal yang luar biasa….

Seorang miliuner kaya di Amerika Serikat, Donald Trump,
adalah contoh apik dalam hal ini. Di tahun 1980 hingga
1990, Trump dikenal sebagai pengusaha real estate yang
cukup sukses, dengan kekayaan pribadi yang diperkirakan
sebesar satu miliar US dollar.

Dua buku berhasil ditulis pada puncak karirnya, yaitu “The
Art of The Deal dan Surviving at the Top”. Namun jalan yang dilalui Trump tidak selalu mulus…

Dinda ingat depresi yang melanda dunia di akhir
tahun 1990? Pada saat itu harga saham properti pun ikut
anjlok dengan drastis. Hingga dalam waktu semalam,
kehidupan Trump menjadi sangat berkebalikan.

Trump yang sangat tergantung pada bisnis propertinya ini
harus menanggung hutang sebesar 900 juta US Dollar! Bahkan Bank Dunia sudah memprediksi kebangkrutannya. Beberapa temannya yang mengalami nasib serupa berpikir bahwa inilah akhir kehidupan mereka, hingga benar-benar mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Di sini kecerdasan emosi Trump benar-benar diuji. Bagaimana tidak, ketika ia mengharap simpati dari mantan istrinya, ia justru diminta memberikan semua harta yang tersisa sebagai ganti rugi perceraian mereka. Orang-orang yang dianggap sebagai teman dekatnya pun pergi meninggalkannya begitu saja. Alasan yang sangat mendukung bagi Trump untuk putus asa dan menyerah pada hidup. Namun itu tidak dilakukannya. Trump justru memandang bahwa ini kesempatan untuk bekerja
dan mengubah keadaan. Meski secara finansial ia telah
kehilangan segalanya, namun ada “intangible asset” yang tetap dimilikinya. Ya, Trump memiliki pengalaman dan pemahaman bisnis yang kuat, yang jauh lebih berharga dari semua hartanya yang pernah ada!

Apa yang terjadi selanjutnya?

Fantastis, enam bulan kemudian Trump sudah berhasil membuat kesepakatan terbesar dalam sejarah bisnisnya. Tiga tahun berikutnya, Trump mampu mendapat keuntungan sebesar US$3 Milliar. Ia pun berhasil menulis kembali buku terbarunya yang diberi judul “The Art of The Comeback”.

Dalam bukunya ini Trump bercerita bagaimana kebangkrutan yang menimpanya justru menjadikannya lebih bijaksana, kuat dan fokus daripada sebelumnya. Bahkan ia berpikir, jika saja musibah itu tidak terjadi, maka ia tidak akan pernah tahu teman sejatinya dan tidak akan menjadikannya lebih kaya dari yang sebelumnya. Luar biasa bukan? ๐Ÿ™‚ 1278

Kecerdasan Emosi memberikan seseorang keteguhan untuk
bangkit dari kegagalan, juga mendatangkan kekuatan pada
seseorang untuk berani menghadapi ketakutan.

Tidak sama halnya seperti kecerdasan otak atau IQ, kecerdasan emosi hadir pada setiap orang dan bisa dikembangkan.

Berikut beberapa tips bagaimana cara mengasah kecerdasan emosi :

1. Selalu hidup dengan keberanian.

Latihan dan berani mencoba hal-hal baru akan memberikan beragam pengalaman dan membuka pikiran dengan berbagai kemungkinan lain dalam hidup.

2. Selalu bertanggung jawab dalam segala hal.

Ini akan menjadi jalan untuk bisa mendapatkan kepercayaan orang lain dan mengendalikan kita untuk tidak mudah menyerah. “being accountable is being dependable”

3. Berani keluar dari zona nyaman.

Mencoba keluar dari zona nyaman akan membuat kita bisa mengeksplorasi banyak hal.

4. Mengenali rasa takut dan mencoba untuk menghadapinya.

Melakukan hal ini akan membangun rasa percaya diri dan dapat menjadi jaminan bahwa segala sesuatu pasti ada solusinya.

5. Bersikap rendah hati.

Mau mengakui kesalahan dalam hidup justru dapat
meningkatkan harga diri kita.

So,ย  kuasailah kecerdasan emosi Anda!

Karena mengendalikan emosi merupakan salah satu
faktor penting yang bisa mengendalikan Anda menuju
sukses dan juga menikmati warna-warni kehidupan.

Anne Ahira di dunia online, ia terkenal sebagai internet marketer sukses kelas dunia. Dia adalah salah satu pengarang buku 30 Days To Internet Marketing Success. Buku ini ditulis oleh 60 orang pengarang yang merupakan internet marketer pilihan dari berbagai belahan dunia – terkenal sebagai buku internet marketing terbaik sepanjang tahun 2003. Omzet penjualan buku ini mencapai lebih dari 340.000 dollar AS hanya dalam kurun waktu kurang dari empat bulan.

SEBELUM KITA MENGELUH………..

SEBELUM KITA MENGELUH………..

1. Hari ini sebelum kamu mengatakan kata-kata yang tidak baik, pikirkan tentang seseorang yang tidak
dapat berbicara sama sekali.

2. Sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu, pikirkan tentang seseorang yang tidak
punya apapun untuk dimakan.

3. Sebelum anda mengeluh tidak punya apa-apa, pikirkan tentang seseorang yang meminta-minta di
jalanan.

4. Sebelum kamu mengeluh bahwa kamu buruk, pikirkan tentang seseorang yang berada pada
tingkat yang terburuk di dalam hidupnya.

5. Sebelum kamu mengeluh tentang suami atau istrimu, pikirkan tentang seseorang yang memohon
kepada Allah untuk diberikan teman hidup.

6. Hari ini sebelum kamu mengeluh tentang hidupmu, pikirkan tentang seseorang yang meninggal terlalu
cepat.

7. Sebelum kamu mengeluh tentang anak-anakmu, pikirkan tentang seseorang yang sangat ingin
mempunyai anak tetapi dirinya mandul.

8. Sebelum kamu mengeluh tentang rumahmu yang kotor karena pembantumu tidak mengerjakan
tugasnya, pikirkan tentang orang-orang yang tinggal dijalanan.

9. Sebelum kamu mengeluh tentang jauhnya kamu telah menyetir, pikirkan tentang seseorang yang
menempuh jarak yang sama dengan berjalan.

10. Dan disaat kamu lelah dan mengeluh tentang pekerjaanmu, pikirkan tentang pengangguran,
orang-orang cacat yang berharap mereka mempunyai pekerjaan seperti anda.

11. Sebelum kamu menunjukkan jari dan menyalahkan orang lain, ingatlah bahwa tidak ada seorangpun yang tidak berdosa.

===================================================

Hi everyone, hope everything doing fine and more spirit ๐Ÿ˜€ bentar lagi UAS dan tau sendiri kan dosen2 pasti pada ngasih tugas yang banyak bejibun, sayangnya tugas ini personal bukan kelompok yaitu bikin HTML, bukannya nyombong sih tapi tugasnya bisa dibilang susah-susah gampang, awalnyapas bikin kerangka emang sulit tapi lama kelamaan klo kita bikin komplit ternyata ga ribet2 bgt walau mesti bikin lebih dari 25 notepad tapi tak apalah tetep aja bikin homepage / blog itu seru apalagi kreasi kita sendiri, doa’in mudah2an hasilnya memuaskan semua ๐Ÿ˜›

Bagaimana Kualitas Madu Anda???

Orang sering menyamakan madu dengan gula, sering pula salah sangka soal mutunya. Bagaimana yang sebenarnya?

Mencari madu ternyata gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena madu sangat mudah diperoleh. Anda bisa mendapatkannya di toko, pasar, supermarket hingga pedagang madu keliling. Namun, untuk mendapatkan madu yang benar-benar berkualitas tinggi ternyata sangat sulit.

Tak hanya itu, pengetahuan masyarakat soal madu pun masih sangat minim. Akibatnya, mitos yang salah tentang madu pun berkembang. โ€œAda yang mengatakan meminum madu tak ada bedanya dengan meminum gula,โ€ ujar Ir. Kasno Msc, pakar perlebahan yang juga dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB)

100_0590

Tak sama dengan gula

Menurut Kasno, madu itu berbeda denga gula. Madu merupakan food supplement alami yang berkhasiat. Ia mengandung monosacharida yang terdiri atas glukosa dan fruktosa. Selain itu, madu juga mengandung berbagai jenis vitamin, asam amino, macam-macam mineral serta 100 jenis zat yang bermanfaat untuk kesehatan. Karena kandungannya, tak heran jika madu bisa digunakan untuk pengobatan dan suplemen bagi mereka yang tengah berdiet.

Sedangkan gula hanya mengandung disakarida yang disebut dengan sukrosa. Madu berasal dari cairan khusus yang dihasilkan tanaman pada bagian bunga dan pucuk daun. Cairan tersebut disebut nektar.

โ€œDi dunia ini tak ada madu yang sama, karena bukan pabrikan,โ€ ungkap entomologist ini. Warna dan jenis madu yang dihasilkan lebah tergantung sumber nektar. Karena itu, dalam setiap madu ada perbedaan rasa, aroma, dan khasiat. Hal itu juga tergantung dari komponen-komponen yang dikandung tanaman yang menjadi sumber nektar.

Kasno menegaskan, anggapan masyarakat yang menyamakan madu dengan gula sangat tidak benar. Madu yang mengandung glukosa dan fruktosa saat diminum langsung akan diserap darah. Sehingga, madu cepat menghasilkan tenaga. Sedangkan gula yang berisi sukrosa baru bisa diserap beberapa jam kemudian.

Seorang pedagang madu di pasar biasanya berkoar-koar bahwa madu yang dijualnya adalah madu asli. Menurut Kasno, dalam madu tak ada istilah asli atau palsu. Semua madu itu asli, pasalnya tidak akan ada yang mampu membuat madu selain lebah. โ€œYang ada adalah madu yang berkualitas tinggi atau rendah.โ€

Menurutnya, sangat sulit secara indrawi untuk bisa mengetahui apakah madu yang beredar di pasar itu berkualitas tinggi atau rendah. Semua, lanjut dia, harus diperiksa di laboratorium. Namun, jangan khawatir. Agar Anda tak tertipu membeli madu, ada beberapa ciri yang menentukan berkualitas atau tidaknya semua madu.

Menaksir Kualitas Madu

Madu yang berkualitas tinggi biasanya memiliki kekentalan yang sangat tinggi. Sehingga, Anda disarankan untuk membeli madu yang tidak encer. Selain itu, Anda pun tak boleh memilih madu yang berbuih. Buih yang ada pada madu menunjukkan bahwa madu tersebut telah mengalami fermentasi. โ€œSehingga kualitasnya sangat rendah,โ€ tutur Kasno.

Adanya anggapan di masyarakat bahwa madu yang diisi dalam botol dan meletup bila ditutup adalah anggapan yang salah. Menurut dia, madu yang telah meletup itu telah mengalami fermentasi, karena banyak mengandung gas karbondioksida (CO2).

Ada juga kepercayaan di masyarakat yang mengukur madu berkualitas tinggi dengan cara memakai korek api. Menurut Kasno, bisa saja korek api yang dicelupkan ke dalam madu bisa cepat terbakar karena madu tersebut telah mengandung alkohol. Mengukur madu dengan semut pun tak bisa jadi jaminan. Madu yang rasanya sudah asam, tak akan didatangi semut.

Selain itu, untuk mendapatkan madu yang berkualitas tinggi, Anda perlu mencicipinya. Bila rasa madu tersebut sudah masam, maka kualitasnya sangat rendah. Selain telah mengalami fermentasi, madu tersebut juga telah menjadi asam cuka.

Kualitas madu ditentukan kadar air, gula, serta hidroksimetilfulfurat (HMF). Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) Madu No. 012545 Tahun 1994, kadar air yang dikandung madu maksimal 22 persen berat per berat. โ€œItupun masih terbilang sangat tinggi, karena standar FAO (organisasi pangan dan pertanian dunia) standarnya 20 persen.โ€

Madu yang mengadung kadar air yang tinggi akan cepat rusak kualitasnya karena sangat mudah mengalami fermentasi. Menurut Kasno, madu adalah satu bahan yang bersifat hidroskopik. Yakni, bahan yang sangat menyerap air. Jika madu dibiarkan terbuka, maka madu akan mengambil air dari udara.

โ€œSehingga, madu harus disimpan di tempat tertutup,โ€ tutur Kasno berbagi tips. Dengan begitu, madu tidak akan cepat rusak.

Madu yang berkualitas tinggi juga harus mengandung gula sukrosa yang tak terlalu tinggi. Kadar sukrosa pada madu berdasarkan standar SNI, tak boleh lebih dari 10 persen.

Kadar sukrosa pada madu terjadi akibat madu dipanen muda atau dimasak begitu dipanen. Hal itu mengakibatkan enzim invertase yang ada pada madu mati. Padahal, enzim invertase ini yang berfungsi untuk mengubah gula rantai panjang menjadi monosacharida.

Source by Republika, Ahad, 5 Desember 2004

=======================================================